HOME > faq

FAQ



Apa nama merek dagang benih kelapa sawit yang diproduksi PT Binasawit Makmur?

PT Binasawit Makmur memproduksi benih kelapa sawit unggul untuk komersialisasi dengan merek dagang "DxP Sriwijaya"

Apakah benih DxP Sriwijaya merupakan benih yang resmi untuk diperjualbelikan sebagai benih kelapa sawit unggul?

Pada 21 Juli 2014, Menteri Pertanian Republik Indonesia mengeluarkan SK nomor 435,436,437,438 dan 439/Kpts/LB.320/7/2004 yang mengesahkan benih kelapa sawit unggul DxP Sriwijaya 1, DxP Sriwijaya 2, DxP Sriwijaya 3, DxP Sriwijaya 4 dan DxP Sriwijaya 5. Disusul DxP Sriwijaya 6 yang secara sah sebagai benih kelapa sawit unggul sebagaimana keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia nomor 135/Kpts/SR.120/2/2007 tertanggal 20 Februari 2007. Dengan demikian keenam varietas benih kelapa sawit unggul tersebut resmi diperjualbelikan ke khalayak umum.

Apakah sistem produksi dan mutu benih DxP Sriwijaya telah terjamin?

Dengan mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu (ISO 9001:2008),Sistem Manajemen Lingkungan (ISO 14001:2004) dan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (OHSAS 18001:2007) di semua tingkatan, baik pada saat penyiapan benih maupun pada saat pemrosesan benihmaka sistem produksi benih dan mutu benih yang dihasilkan terjamin.

Apakah sistem produksi dan mutu benih DxP Sriwijaya telah terjamin?

Dengan mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu (ISO 9001:2008), Sistem Manajemen Lingkungan (ISO 14001:2004) dan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (OHSAS 18001:2007) di semua tingkatan, baik pada saat penyiapan benih maupun pada saat pemrosesan benih maka sistem produksi benih dan mutu benih yang dihasilkan terjamin.

Apakah benih DxP Sriwijaya bersertifikat?

Untuk lebih meyakinkan pelanggan akankeaslian DxP Sriwijaya, PT Binasawit Makmur menerbitkan sertifikat dan diserahkan ke setiap pelanggan. Sertifikat tersebut merupakan salah satu alat bukti secara administrasi yang menerangkan nama pelanggan sebagai penerima sertifikat, tanggal serah terima benih, kontrak jual-beli, varietas dan jumlah benih.

Bagaimana dengan hasil produksi tandan buah dari DxP Sriwijaya terkait kontaminasi dura ?

Tingkat kontaminasi dura pada DxP Sriwijya kurang dari 0,1%. PT Binasawit Makmur menitikberatkan terhadap kualitas produk terutama menghindari kontaminasi dura. Untuk itu, seiring dengan implementasi system manajemen mutu (ISO 9001:2008) di semua lini termasuk dalam kegiatan isolasi dan polinasi untuk menjaga kemurnian benih yang akan dihasilkan

Berapa jumlah varietas benih kelapa sawit yang diproduksi oleh PT Binasawit Makmur?

Jumlah varietas benih kelapa sawit yang disediakan oleh PT Binasawit Makmur ada 6 varietas, yaitu:

Varietas

Asal Pisifeta

Asal Dura Deli

DxP Sriwijaya 1

Nigeria

Dami, Chemara, Harrison & Crossfield, Mardi

DxP Sriwijaya 2

Ghana

Dami, Chemara, Harrison & Crossfield, Mardi

DxP Sriwijaya 3

Ekona

Dami, Chemara, Harrison & Crossfield, Mardi

DxP Sriwijaya 4

Avros

Dami, Chemara, Harrison & Crossfield, Mardi

DxP Sriwijaya 5

Dami Komposit

Dami, Chemara, Harrison & Crossfield, Mardi

DxP Sriwijaya 6

Yangambi

Dami, Chemara, Harrison & Crossfield, Mardi

Varietas manakah yang menghasilkan tandan buah yang besar (big bunch)?

Untuk mendapatkan tandan buah yang besar (big bunch), PT Binasawit menawarkan varietas DxP Sriwijaya 4 dan DxP Sriwijaya 6. Selain menghasilkan tandan buah yang besar, kedua varietas tersebut juga memiliki keunggulan yaitu ekstraksi minyak CPO lebih dari 27%.

Varietas manakah yang menghasilkan tandan buah berwarna oranye?

Dari keenam varietas yang kami produksi, hanya varietas DxP Sriwijaya 1 yang dapat menghasilkan buah tipe virescens (ketika mentah berwarna hijau kemudian berwarna oranye ketika matang). Meski demikian, tidak semua persilangan pada DxP Sriwijaya 1 menghasilkan buah tipe virescens, sebagian persilangan tersebut akan menghasilkan buah tipe nigrescens (ketika mentah berwarna hitam kemudian berwarna merah kehitaman ketika matang).

Apakah tandan buah berwarna oranye dapat diterima pabrik? Bagaimana dengan ekstraksi minyaknya (rendemen)?

Perbedaan warna buah tidak menjadi alasan tandan buah layak atau tidak untuk diolah, tetapi jenis buahlah yang menjadi faktor utamanya. Buah yang dihasilkan oleh DxP Sriwijaya adalah tenera dan buah teneralah yang layak diproses di pabrik pengolahan kelapa sawit. Oleh karena itu, buah tipe virescens (ketika mentah berwarna hijau kemudian berwarna oranye ketika matang) yang dihasilkan benih DxP Sriwijaya 1 dapat diterima pabrik pengolahan kelapa sawit.

Ekstraksi minyak CPO yang dihasilkan buah tipe virescens sama dengan yang dihasilkan buah tipe nigrescens. Bahkan buah tipe virescens memiliki keunggulan lain, yaitu kandungan β-karoten lebih dari 600 ppm.

Varietas manakah yang dapat ditanam dengan kerapatan lebih dari 135 pokok/hektar?

Terdapat 3 (tiga) varietas yang memiliki keunggulan dapat ditanam dengan kerapatan lebih dari 135 pokok/hektar, yaitu :

  • DxP Sriwijaya 1 dapat ditanam hingga kerapatan 145 pokok/hektar, dengan jarak tanam 8,9 x 8,9 x 8,9 m.
  • DxP Sriwijaya 2 dan DxP Sriwijaya 5 dapat ditanam hingga kerapatan 160 pokok/hektar, dengan jarak tanam 8,5 x 8,5 x 8,5 m.

Varietas manakah yang sesuai ditanam di lahan berbukit?

Untuk lahan berbukit, PT Binasawit menawarkan 4 varietas, yaitu :

  • DxP Sriwijaya 1, salah satu keunggulan yang dimiliki varietas ini adalah pertumbuhan meninggi yang lambat. Dengan karakter tersebut dapat memudahkan proses panen sehingga setiap buah matang dapat dipanen secara efektif.
  • DxP Sriwijaya 2 dengan keunggulan rentang pelepah yang relatif pendek sehingga mampu memberikan ruang lebih agar sinar matahari dapat diterima setiap tanaman meskipun terdapat perbedaan ketinggan permukaan tanah.
  • DxP Sriwijaya 3 dengan kemampuan menghasilkan jumlah tandan di atas rata dan ukuran tandan yang relatif tidak terlalu besar sehingga meringankan petugas panen saat mengangkut tandan buah. Selain itu, pertumbuhan meninggi varietas ini juga lambat sehingga mempermudah pengambilan buah yang matang atau pemanenan.
  • DxP Sriwijaya 5, varietas ini memiliki 2 (dua) karakter yang dapat dijadikan pertimbangan untuk ditanam di lahan berbukit, yaitu pertumbuhan meninggi yang lambat dan rentang pelepah yang relatif lebih pendek.

Varietas manakah yang sesuai ditanam di lahan dengan kondisi iklim yang kering?

Sejak awal penelitian, tanaman trial DxP Sriwijaya ditanam di lahan yang memiliki musim kemarau yang tegas. Oleh karena itu, semua varietas DxP Sriwijaya sesuai jika ditanam di lahan dengan iklim kering.

Varietas manakah yang sesuai ditanam di lahan rawa mineral?

Varietas manakah yang sesuai ditanam di lahan mineral berpasir?

Pada tanah berpasir rentan terjadi pencucian karena kemampuan menahan air (water holding capacity) yang kecil sehingga ketersediaan hara pada tanah berpasir menjadi rendah. Dari segi tanaman, karakter yang dapat mambantu untuk mengurangi pencucian adalah tanaman yang dapat ditanam dengan kerapatan yang tinggi. DxP Sriwijaya yang memiliki karakter tersebut adalah DxP Sriwijaya 1 (kerapatan tanam hingga 145 pokok/hektar), DxP Sriwijaya 2 (160 pokok/hektar) dan DxP Sriwijaya 5 (160 pokok/ha).

Varietas manakah yang sesuai ditanam di lahan gambut?

Berapa lama benih dapat diterima pelanggan sejak pemesanan?

Untuk pembelian < 50.000 butir tanpa menentukan varietas tertentu, benih dapat diserahterimakan ke pelanggan setelah 2 minggu sejak pemesanan. Sedangkan untuk pembelian > 50.000 butir memerlukan waktu 2 minggu hingga 3 bulan.

Dimana benih diserahterimakan ke pelanggan?

Serah terima benih oleh PT Binasawit Makmur ke pelanggan dilakukan di Gedung Seed processing Unit PT Binasawit Makmur yang beralamat di Jl. Kol. H. Burlian 94 Palembang, Sumatera Selatan.

Bagaimana jika pelanggan tidak dapat mengambil benih secara langsung di PT Binasawit Makmur?

Apabila pelanggan tidak dapat mengambil benih secara langsung di PT Binasawit Makmur, pengambilan benih dapat diwakilkan oleh orang lain dengan adanya surat kuasa bermaterai.

Berapa harga benih kelapa sawit DxP Sriwijaya?

Apakah harga benih juga termasuk dengan pajak?

Jual-beli benih kelapa sawit tidak dikenai pajak, melainkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Pembayaran PNBP tersebut menjadi kewajiban produsen benih. Dengan kata lain, pelanggan tidak dibebani untuk membayar PNBP.

Apakah harga benih juga termasuk dengan biaya pengiriman ke pelanggan?

Serah terima benih PT Binasawit Makmur kepada pelanggan selalu dilakukan di gedung Seed Processing Unit (SPU) di Palembang. Oleh karena itu, harga benih yang dijual tidak termasuk biaya pengiriman ke pelanggan. Untuk mengetahui biaya kirim dapat menghubungi pihak ekspedisi

Bagaimana cara penanganan benih kelapa sawit?

Sebelum membuka kotak benih, seharusnya pelajari terlebih dahulu "Petunjuk Penanganan Kecambah DxP Sriwijaya" yang selalu dilampirkan dalam setiap pengiriman.

Berapa batas minimal pembelian benih kelapa sawit DxP Sriwijaya?

PT Binasawit Makmur melayani pembelian skala besar maupun skala kecil. Pembelian benih yang dapat kami layani mulai dari 100 butir.

Sampoerna Agro