HOME > PLASMA NUTFAH

PLASMA NUTFAH

PT Binasawit Makmur (BSM) sangat menyadari pentingnya plasma nutfah sebagai landasan pemuliaan dan pengembangan sistem perbenihan. Untuk itu plasma nutfah yang sangat kaya dan beragam telah diintroduksi dari pusat riset terkenal di dunia.

Sebagai bahan dasar tetua betina, BSM memiliki 225 famili dura. Famili dura-dura tersebut merupakan turunan dari dura-dura yang sebelumnya diseleksi di pusat-pusat keunggulan kelapa sawit dunia pada kurun waktu 1920-1970, seperti material dura Dami-Papua Nugini, Chemara-Malaysia, Mardi-Malaysia, Harrison and Crossfield (sekarang Sime Darby–Malaysia), dan Socfin-Malaysia.

Di sisi lain, material genetik sebagai tetua jantan juga tidak kalah beragam. BSM saat ini memiliki 50 famili pisifera origin Nigeria, Ekona, Ghana, Dami Komposit, Yangambi, La Me dan Avros yang diintroduksi berdasarkan hasil uji progeni. Latar belakang genetik dura dan pisifera yang luas memungkinkan BSM melakukan seleksi untuk mewujudkan potensi hasil minyak tinggi dengan karakteristik sekunder spesifik.

Tujuan riset perbenihan BSM untuk menghasilkan bahan tanaman kelapa sawit unggul yang memiliki produktivitas minyak tinggi dan karakteristik sekunder (auxiliary traits) tertentu hanya dapat dicapai dengan metode seleksi yang dapat dihandalkan.
Pemuliaan BSM dilakukan dengan mengkombinasikan uji progeni dan seleksi fenotipik untuk mengestimasi daya gabung umum dan gaya gabung khusus tetua. Pengujian dilakukan dengan menerapkan kaidah-kaidah statistika dan mempertimbangkan target lokasi. Tak kurang dari 425  progeni DxP diuji untuk menentukan superioritas persilangan dan mendapatkan tetua-tetua elit dalam satu siklus seleksi. Seleksi tetua didasarkan pada karakteristik utama (target traits), produksi tandan dan ekstraksi minyak yang tinggi. Karakteristik sekunder yang berhubungan dengan kapasitas  fotosintesis yang tinggi dan pertumbuhan vegetatif juga menjadi perhatian.

Sampoerna Agro